Peralatan yang digunakan
di Front Office:
a) Front office counter
Counter adalah meja panjang yang digunakan untuk menerima kedatangan
tamu dan tempat menyimpan sebagian
peralatan dan perlengkapan kantor depan.
b) Room rack/rak status kamar
Dalam sistem operasional
hotel semi otomatis, room rack berfungsi untuk mengetahui setiap saat status
kamar.
c) Reservation rack/rak
pemesanan kamar
Rak pemesanan kamar berada di bagian reservasi, rak ini adalah
tempat untuk menempatkan reservation slip, penyusunan rak ini berdasarkan
tanggal kedatangan tamu menginap dihotel serta jenis tamu.
d)
Komputer
Di jaman yang sudah
canggih ini, penggunaan komputer sangat penting karena komputer mempunyai
kelebihan dibandingkan dengan sistem
manual atau semi otomatis, kelebihannya antara lain data yang ada lebih akurat,
waktu penyimpanan data yang lebih lama dan pengaksesan data yang lebih cepat.
e) Bill rack
Rak untuk menyimpan
tagihan tamu beserta supporting bill (bon pendukung)nya, rak ini disusun
berdasarkan nomor kamar tamu.
f) Telephone
Telepon berfungsi sebagai alat komunikasi bagi seluruh staf dalam
hal berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tamu.
g) Fax machine/mesin fax
Fax merupakan salah satu
alat komunikasi yang penting digunakan dihotel, karena pada masa sekarang ini
media/alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan
meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si
pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.
h) Luggage trolley
Lugagge troley digunakan oleh porter/bellboy yang berfungsi untuk
membawa barang bawaan tamu yang jumlahnya relatif banyak.
i) Credit card imprinte
redit card imprinte adalah alat untuk mencetak data yang ada di
kartu kredit seperti nama tamu, nomor kartu dan masa berlakunya kartu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar